AMARANTHDA's CAKE

HI...THERE...WELCOME TO MY BLOG...A PLACE WHERE I CAN SHARE MANY THINGS....MY HOMEMADE CAKES CREATION, COOKING CREATIONS, RECIPES, STORY ABOUT....DO HAVE FUN..AND ENJOY IT....

Sunday, April 20, 2008

CC AYAM KODOK









Sabtu, 19 April 2008 ikut cc. Ayam Kodok di Everest Cake, diajar sama Cie Ester. Cooking class kali ini seperti private aja, secara kita yang ikutan Cuma ber empat aja. So pasti kita lebih leluasa nanya seluk beluk pengolahan mengenai makanan ini. Ternyata tidak semudah yang aku bayangkan dalam membuat dan mengolah ayam kodok ini, kita memang harus full extra hati – hati dalam menguliti si ayam ini. Jika kita terlalu ceroboh maka akan banyak kulit yang robek ini tentu saja akan menambah tugas kita karena kulit ayam yang robek itu mau tidak mau harus kita jahit agar utuh kembali. Kemudian dalam memasukan daging ayam cincang yang telah dibumbui harus benar – benar pelan. Setelah ayam diisi adonan daging dan campurannya, kita juga harus menekan dengan hati – hati adonan daging yang telah dimasukkan ketubuh si ayam agar si ayam ini terlihat lebih moleh dan montok. Selanjutnya ayam dikukus dan terakhir dipanggang hingga kuning kecoklatan lalu diolesi si madu ayam. Pelengkap ayam kodok terdiri dari kacang panjang, wortel rebus dan perkedel lalu diberi garnis agar terlihat lebih segar dan cantik tentunya.
Ayam Kodok ini banyak digunakan dalam menu pesta, pelengkap hantaran, atau jika kita merayakan Natal tentu ayam kodok ini akan menjadi hidangan yang ”wah” jika kita hadirkan. Dan satu lagi pantas saja harga 1 set lengkap ayam kodok akan berharga ”lumayan” karena sesuai dengan rasa dan cara kita membuat dan mengolahnya. Mau tau dan coba ayam kodok? Pesen aja ke akyu... atau nih penampakkannya.