AMARANTHDA's CAKE

HI...THERE...WELCOME TO MY BLOG...A PLACE WHERE I CAN SHARE MANY THINGS....MY HOMEMADE CAKES CREATION, COOKING CREATIONS, RECIPES, STORY ABOUT....DO HAVE FUN..AND ENJOY IT....

Wednesday, December 10, 2008

MENTE TEPUNG PEDAS


Kalau kacang mente digoreng aja udah biasa yah....yuk kita bikin variasi lain kacang mente. Gimana kalau kita goreng dengan dibalur tepung dengan rasa yang gurih dan pedas....yup....dah kebayang rasanya. Apalagi kalau dimakan sebagai camilan sore hari....atau santai nonton TV bisa – bisa 1 toples ludes deh.

Yang penasaran ama sensasi rasa pedas dan gurihnya......hayuuukkk dicoba membuatnya....nih resepnya........

Bahan :
1 kg mente utuh (panggang hingga ½ matang)
Telur ayam 3 butir
Terigu 250 gram
Sagu 100 gram
Baking Powder ½ sdt.
Minyak goreng 1 ltr.

Bumbu halus :
Cabe merah 7 buah
Cabe rawit 3 buah
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Bawang putih 6 siung
Gula putih 2 sdm

Cara membuat :

Campur mente yang sudah dipanggang dengan bumbu halus, aduk – aduk hingga rata lalu diamkan selama + ½ - 1 jam hingga bumbu meresap. Lalu kocok telur hingga rata tuangkan kedalam mente bumbu aduk hingga tercampur rata. Kemudian campur terigu, sagu, dan baking powder. Masukkan 1 sendok mente yang sudah dibumbui kedalam campuran tepung aduk – aduk hingga mente tertutup terigu, jika ingin tepungnya lebih tebal, ulangi lagi. Goreng mente dengan minyak panas. Gunakan api kecil agar mente tidak cepat hangus. Setelah berwarna kuning kecoklatan angkat mente dan dinginkan. Kemas dalam wadah tertutup rapat siap disajikan sebagai camilan gurih.
Selamat mencoba...............